Wednesday, September 14, 2016

Materi 4 Kelas XII Praktikum 1 Kartu nama

NAME CARD
Bahan Teori Dan Praktikum 1
Materi
:
1.      Penggaris/ Ruler, Guides & snap setup
2.      Ukuran / Object size
3.      Pick Tool, Shape Tool, Rectangle Tool, Ellipse Tool, Poligon Tool, Text Tool
4.      Fill Tool, Outline Tool
5.      Transform : Move, Copy, Scale, Mirror
6.      Copy with Clone
Persiapan
:
Buka program corel draw sampai ke tampilan utama. Sebelum mulai membuat obyek , atur dahulu bidang kerja kita ke A4 dengan satuan millimeter, otomatis penggaris/ ruller menjadi milimeter
Langkah Kerja
:
Kotak Kartu nama dan warna
1.      Klik rectangle tool,  lalu drag dilayar kerja sehingga membentuk kotak. Atur ukuranya menjadi panjang 90 mm dan lebar 5.5mm. kartu akan terlihat lebih kecil maka besarkan dengan zoom tool (klik kanan untuk memperkecil dan klik kiri untuk memper besar tampilan)
2.      Ubah warna dalam fill dengan Pick Tool, lalu klik warna (missal) black 20%. Dan agar garis luar hilang maka seleksi obyek dengan pick tool lalu klik kanan No color atau tanda silang.
Logo dan Transformasi
1.      Kita akan membuat logo yang terdiri banyak obyek. Pertama aktifkan rectangle tool dan buat kotak dengan ukuran  30X15 mm.
2.      Aktifkan kotak, agar bias membaut dua sudut tumpul maka diproperty bar aktifkan dahulu round corner  together (buka gambar Gembok), masukkan angka di roodness =100 ke sudut kiri bawah dan kanan atas lalu kuncikan kembali (gambar Gembok).
3.      Buat lingkaran dengan menekan  ellipse tool berdiameter 12 mm, drag dengan menekan tombol Ctrl. Dan beri warna fill putih. Untuk membuat lingkaran menjadi setengah lingkaran, maka tekan tombol Shape Tool, lalu drag node dilingkaran sambil menekan tombol Ctrl agar pergeseran lebih presisi.
4.      Untuk membuat segitiga aktifkan polygon tools, dan di properties bar atur Number of Points or sides = 3, lalu drag sambil menekan tombol Ctrl di Keyboard, maka akan menjadi segi tiga sama sisi.
5.      Setengah lingkaran “D” akan kita buat denganh mengcopy dan mirror. Drag setengah lingkaran  ke kanan  dan jangan lepas tombol kiri mouse lalu klik kanan. Dan mirorkan ke kanan dengan menekan tombol Ctrl+drag+klik kanan. Beres.
6.      Atur logo seperti posisi gambar dengan menggunakan bantual ruler.
Text
1.      Klik Text Tool lalu klik diatas logo, lalu ketik Misalkan “LEMBAGA PENDIDIKAN”. Lalu klik pick Tools atau gambar panah atur font arial Narrow Bold dan Size = 7.
2.      Klik Pick Tool Copy (Drag+Klik Kanan) teks tersebut ke bawah logo, ubah tekt menjadi “COBA AJA DULU” dengan cara menekan menu text à Edit Text, lalu ganti.
3.      Agar tampilan warna lebih menarik maka seilahkan ubah warna fil sesuai dengan keinginan anda.
4.      Aktifkan Text Tools, kemudian “KETIK NAMA ANDA” dan posisikan ukuran font dan size nya sesuai keinginan anda (sesuai gambar)
Out Line
1.      Kita akan membuat garis bawah nama. Pertama klik freehand tools lalu klik pada area kerja untuk memulai, tahan tombol Ctrl pd keyboard agar presisi horizontal, lalu klik di ujung yang lain untuk mengahiri.
2.      Untuk menebalkan garis, maka klik Outline Tool, lalu pilih garis tebal, garis yang anda suka. Bias juga menggunakan property bar agar lebih lengkap.
3.      Agar garis berubah warna, maka klik obyek garis lalu tekan atau pilih warna.
Text Alamat
1.      Klik text Tool lalu ketikkan alamat dengan jenis font sesuai dengan gambar diatas. Untuk menebalkan tekt “Alamat” , maka seleksi Alamat lalu tekan Bold.
2.      Untuk mengatur spasi baris lebih mudah dengan shape tool. Aktifkan obyek text, lalu drag panah keatas untuk merapatkan baris atau kebawah untuk merenggangkan baris.
Clone
1.      Seleksi semua obyek kartu yang telah jadi denganh Pick Tool
2.      Klik menu Edit à Clone maka sudah terjadi pengcopian diatasnya. Lalu atur posisi agar jangan tumpang tindih.
3.      Atur sedemikain rupa sehingga dalam kertas A4 (lembar kerja) dapat di reposisi sebanyak 8 buah kartu.
Silahkan Bereksperimen!

Sumber : The Magic Of CorelDraw endy Hendratman

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memposting Tugas di blog anda masing-masing