Wednesday, September 21, 2016

Materi 2 Kelas X Eleman dan Siklus Informasi

ELEMEN DAN SIKLUS INFORMASI
PENGERTIAN KOMPUTER
Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer(computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Berikut difinisi computer menurut ahlinya :
  1. Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
  3. Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar :
  1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
  2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
  3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
  4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
Elemen Sistem Komputer
  1. Hardware atau Perangkat Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dandapat dijamah.
  2. Software atau Perangkat Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistemcomputer.
PENGGOLONGAN KOMPUTER
Berdasarkan Data yang Diolah:
1. Analog Computer
Digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka tetapi dalam bentuk fisik, misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan,dsb.
Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin, misalnya untuk mengatur temperature di dalam suatu alat pembakaran.
Keuntungan komputer analog adalah kemampuannya untuk menerima data dalam besaran fisik dan langsung mengukur data tertentu tanpa harus dikonversikan terlebih dahulu seperti pd komputer digital sehingga proses komputer analog lebih cepat dibandingkan dengan computer digital.
Kelemahan komputer analog adalah terletak pada faktor ketepatannya. Komputer digital lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.
2. Digital Computer
Digunakan untuk data yang berbentuk angka atau hurup, Biasanya dipakai untuk aplikasi bisnis dan aplikasi teknik
Keunggulan komputer digital adalah :
  • Memproses data lebih tepat dibanding komputer analog
  • Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses
  • Dapat melakukan operasi logika
  • Data yang telah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus
  • Output dari komputer digital dapat berupa angka, hurup, grafik maupun gambar
3. Hybrid Computer
Merupakan komputer kombinasi dari komputer analog dan digital
Mampu memproses data lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog
Biasanya dipakai untuk aplikasi khusus
Berdasarkan Penggunaannya
1. Special Purpose Computer
  • Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan masalah yang khusus yg biasanya hanya berupa satu masalah saja.
  • Program komputer sudah tertentu dan sudah tersimpan di dalam komputernya
  • Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special purpose computer
  • Spesial purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk tujuan militer
2. General Purpose Computer
  • Komputer yang dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dengan program-program yang bermacam-macam pula
  • Dibandingkan dengan special-purpose computer, kecepatannya lebih rendah
  • Dipakai untuk berbagai keperluan, untuk aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan, dsb.
  • Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer digital adalah general purpose computer
Berdasarkan Ukurannya
Ukuran dari komputer ditunjukkan oleh kemampuannya dalam mengolah data ditentukan oleh :
Kapasitas main memory (simpanan dalam), yg dinyatakan dalam satuan byte, ( dengan kapasitas 4 KB, 32 KB, 64 KB, 128 KB, 256 KB bahkan dapat dikembangkan sampai 2 MB).
Konfigurasi dari operand register (operand register digunakan untuk menampung data yang sedang dioperasikan), bisa dengan ukuran 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit
Kecepatan pengolahan data
Jumlah dan macam alat-alat input dan outputnya
Ukuran fisik komputer dan ruangan yang dibutuhkan
Berdasarkan ukuran, komputer dapat digolongkan ke dalam komputer :
  1. Mikro (micro computer)
  2. Komputer mini (mini computer)
  3. Komputer kecil (small computer)
  4. Komputer menengah (medium computer)
  5. Komputer besar (large computer)
  6. Komputer super (super computer).
Berdasarkan Generasinya.
Berdasarkan generasi teknologi penyusunnya, komputer dapat diklasifikasikan menjadi:
  1. Generasi I, tahun 1946-1959, menggunakan tabung hampa
  2. Generasi II, tahun 1959-1965, menggunakan transistor
  3. Generasi III, tahun 1965-1970, menggunakan IC (Integrated Circuit)
  4. Generasi IV, tahun 1970-sekarang, menggunakan VLSI (Very Large Scale IC)
PENGERTIAN DATA DAN INFORMASI
Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data bisa berujut suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek, kejadian ataupunsuatu konsep.
Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data bisa dianggap sebagai obyek dan informasi adalah suatu subyek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga bisa disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data.
Kualitas informasi memiliki cirri-ciri :
1. Akurat
Berarti informasi harus bebas dari kesalahankesalahan dan tidak menyesatkan bagi orang yang Menerima informasi tersebut. Akurat juga berarti informasi harus jelas mencerminkan maksudnya. Dalam prakteknya, mungkin dalam penyampaian suatu informasi banyak terjadi gangguan (noise) yang dapat merubah atau merusak isi dari informasi tersebut.
2. Tepat pada waktunya
Informasi yang diterima harus tepat pada waktunya, sebab informasi yang using (terlambat) tidak mempunyai niali yang baik, sehingga bila digunakan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan akan dapat berakibat fatal. Saat ini mahalnya nilai informasi disebabkan harus cepatnya informasi tersebut didapat, sehingga diperlukan teknologiteknologi mutakhir untuk mendapatkan, mengolah dan mengirimkannya.
3. Relevan
informasi harus mempunyai manfaat bagi si penerima. Relevansi informasi untuk tiap-tiap orang satu dengan yang lainnya berbeda. Misalnya informasi mengenai sebab-musabab kerusakan mesin
produksi kepada akuntan perusahaan adalah kurang relevan dan akan lebih relevan bila ditujukan kepada ahli teknik perusahaan.
4. Lengkap
Informasi harus diberikan secara lengkap dan utuh tanpa harus terpotong-potong.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memposting Tugas di blog anda masing-masing