Saturday, November 17, 2012

materi 6 Klas 10

Mematikan & menghidupkan komputer
Prosedur menghidupkan komputer adalah sebagai berikut:
1.      Pastikan kabel2 sudah terpasang dengan baik dan benar pada komputer anda
2.      Pasangkan kabel ke stop kontak
3.      Tekan tombol ON pada penstabil tegangan, CPU, dan monitor
4.      Tunggulah beberapa saat hingga komputer melakukan proses Booting, yaitu suatu proses ketika komputer mendeteksi hard disk, floppy disk, drive, CD-ROM, dan CPU(Memory, Clock, RAM, dsb)
5.      Setelah itu muncul kotak dialog untuk mengisi username dan password. Apabila anda menggunakan sistem Windows 98, Windows NT atau Windows XP dan tidak akan menggunakan sistem jaringan, Klik cancel pada kotak dialog password. Proses ini dalam jaringan dikenal sebagai proses otorisasi.
6.      Setelah proses otorisasi muncul dekstop. Pada tahap inilah komputer siap digunakan dan anda dapat menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan.
Prosedur mematikan komputer adalah sebagai berikut:




1. Simpan document dan tutup semua program yang aktif.
2. Bila system operasi yang digunakan MS Windows, klik start lalu klik “turn off computer”
3. klik ok, maka komputer akan mati secara otomatis.
4. Tekan tombol OFF pada monitor dan penstabil tegangan.

warm boot dan cool boot

Booting dingin (Cool Boot)
Booting dingin adalah suatu proses start up yang diawali dengan kondisi komputer off. Seluruh bagian komputer CPU, monitor dalam kondisi mati (off). Pada saat itu tidak ada aktivitas hardware maupun software. Untuk memulai Cool Boot dapat dilakukan dengan menekan tombol power pada CPU.
Booting hangat (Warm Boot)
Booting hangat adalah suatu proses start up dengan pengulangan pembacaan software sistem operasi di mana komputer berada pada kondisi aktif (on). Banyak alasan yang melatarbelakangi penggunaan alternatif warm boot, di antaranya sistem operasi yang mengalami trouble (hank), program terkunci, dan lain-lain. Pada program seperti Windows tersedia menu khusus untuk melakukan warm boot melalui menu Restart. Sementara cara hardware dapat ditempuh dengan menekan tombol Reset pada CPU atau menekan tombol Ctrl + Alt + Del.
Cara Booting Komputer
Urutan Proses Booting :
  1. Saat komputer dihidupkan, processor menjalankan BIOS, dan kemudian BIOS melakukan POST (power-on-self test), yaitu memeriksa atau mengecek semua hardware yang ada. Kegiatan ini bisa dilakukan, jika setting BIOS benar.
  2. BIOS akan mencari disk boot untuk menjalankan sistem operasi.
  3. Sistem operasi berjalan dan siap digunakan.
Proses Booting ada dua macam, yaitu :
  1. Cold booting, yaitu booting komputer dari keadaan mati.
  2. Warm booting, yaitu booting komputer pada saat komputer sudah hidup(mendapat suplai listrik)
Pada saat booting kita dapat melakukan interupsi untuk melihat/ mengatur konfigurasi BIOS. Caranya yaitu dengan menekan tombol Del atau tombol yang lain tergantung dari jenis BIOS-nya.
Cara Mematikan Komputer Dengan Aman

Untuk mematikan dan menghidupkan computer ada peralatan-peralatan tambahan yang dibutuhkan yaitu:
  1. instalasi listrik yang baik : instalasi listri yang baik akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kompter.kabel power yang digunakan untuk computer harus benar2 baik dan taan terhadap panas
  2. stabilizer alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik yang masuk ke power supply computer.
  3. uninptible power supply, Alat itu sebagai cadangan power apabila lampu padam.
    air conditioner, Sebenarnya alat ini untuk pendingin ruangan.namun AC juga digunakan utuk mengurangi panas yang berlebihan pada computer.
Cara Turn 0ff komputer secara urut dan bijaksana
Bila komputer berfungsi normal seharusnya ada menu untuk mematikan komputer. Di sudut kiri bawah klik "Start" dan akan muncul menu, pilih aja "Shut Down" lalu klik "Turn Off".
Cara mematikan komputer dengan cara ini membuat system komputer berjalan baik karena semua informasi yang perlu di simpan termasuk Log File dicatatkan oleh sistem sebelum komputer berhenti bekerja.
Namun ada kalanya bila terjadi kekurangan pada system atau "system corupted", walau kita sudah menjalankan perintah shut down, komputer tidak mau mati sendiri. Bila hal ini terjadi, sistem komputer perlu disegarkan ataupun mungkin perlu diperbaiki. Untuk system seperti ini saya pernah selesaikan dengan system "tune up utilities"
Cara Turn 0ff komputer yang salah
turn off komputer yang salah yaitu dengan cara langsung turn 0ff komputer tanopa menutup program2 yang masih aktif dan speaker yang masih dalam keadaan "ON",yang dapat menyebabkan pirantu2 komputer rusak.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan memposting Tugas di blog anda masing-masing